Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Diabetes adalah salah satu penyakit serius yang bisa mengubah kehidupan penderitanya. Penderita diabetes harus menyesuaikan kehidupan mereka dan menjalani pola hidup dengan sangat hati-hati. Salah makan dan tidak merawat tubuh dengan baik bisa memicu masalah yang fatal. Hingga saat ini peneliti juga belum menemukan obat untuk menyembuhkan diabetes.

Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa melakukan diet ala vegetarian bisa membantu menyembuhkan diabetes. Menjadi vegetarian bisa meningkatkan kestabilan gula darah. Jutaan orang yang memiliki diabetes bisa meningkatkan kestabilan gula darah dengan menghilangkan daging dari konsumsi sehari-hari.

Menghindari lemak hewani bisa membantu pasien diabetes untuk terbebas dari penyakit mereka. Peneliti menjelaskan bahwa mengubah diet menjadi vegetarian bisa menjadi terapi dan perawatan alternatif untuk penderita diabetes tipe-2. Sebuah analisis dari penelitian sebelumnya mengungkap bahwa menghindari lemak hewani dari diet bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengonsumsi sayuran juga diketahui bisa menurunkan kadar protein dalam darah yang disebut glycated haemoglobin (HbA1c). Semakin tinggi kadar HbA1c pada pasien diabetes, semakin tinggi pula risiko mengalami komplikasi berkaitan dengan diabetes seperti kerusakan saraf, masalah mata, dan penyakit jantung, seperti dilansir oleh Daily Mail (24/11).

Penelitian menemukan bahwa diet vegetarian bisa menurunkan kadar HbA1c hingga 0,7 poin. Efek ini hampir sama dengan obat yang dikonsumsi pasien diabetes untuk mengontrol tingkat gula darah mereka. Susan Levin, salah satu peneliti, bahkan menjelaskan bahwa perubahan pola makan dengan menjadi vegetarian bahkan mengalahkan obat tersebut.

"Diet vegetarian bisa memperbaiki tingkat gula darah, menjaga berat badan, tekanan darah, dan kolesterol sekaligus. Ini adalah hal yang tak bisa dilakukan oleh obat," ungkap Levin.

Sementara itu Dr Neal Barnard menjelaskan bahwa diet vegetarian bekerja pada diabetes dengan cara berbeda dengan diet konvensional. Diabetes tipe-2 disebabkan oleh resistensi insulin, sehingga mengurangi konsumsi daging dan lemak hewani akan membantu tubuh memperbaiki fungsi insulin secara alami.

Efek samping dari diet vegetarian untuk pasien diabetes sangat positif, antara lain pasien bisa menurunkan berat badan, memperbaiki tekanan darah, dan menurunkan tingkat kolesterol buruk. Hal ini bukan berarti pasien harus menghentikan semua perawatan diabetes dan menjadi vegetarian. Diet ala vegetarian bisa dijadikan perawatan sampingan untuk memperbaiki kesehatan pasien diabetes.