Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Berikut adalah beberapa manfaat air garam.

Sinus

Hidung tersumbat dan sinus bisa disebabkan oleh pilek, flu, atau alergi. Mencuci hidung dengan air garam membantu menjaga saluran hidung terbuka, menghilangkan lendir kental atau yang sudah mengering, membersihkan sinus, mencegah penyebaran infeksi ke sinus lain, dan membuat hidung terasa lebih nyaman.

Tetes hidung dengan kandungan air garam untuk meredakan sinus ini dapat dibeli di apotek. Atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan takaran 240 ml (satu gelas) air hangat + ½ sendok teh garam + ½ sendok teh baking soda. Kemudian isi pot pembersih hidung dengan larutan garam tersebut dan masukkan ujung pot ke salah satu lubang hidung. Arahkan aliran larutan garam ke belakang agar air garam keluar melalui mulut atau lubang hidung lainnya. Disarankan untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan metode pengobatan apa yang cocok untuk Anda.

Luka gigi dan mulut

Jika gigi Anda tanggal alias copot, mengalami perdarahan di mulut, lidah tergigit, atau gigi rusak, manfaat air garam sendiri dapat meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya, masukkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat, aduk hingga larut. Kemudian berkumurlah dengan larutan air garam tersebut segera setelah makan. Selain itu, disarankan untuk menemui dokter gigi guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, dan biasanya akan terasa jika Anda menelan. Untuk perawatan atau pengobatan sementara di rumah, Anda bisa berkumur dengan larutan air garam (1 sendok teh garam meja dan 240 mililiter (satu gelas) air hangat). Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar sakit tenggorokan cepat sembuh.

Tindikan (piercing)

Setelah anggota tubuh ditindik, penting untuk menjaga daerah tersebut bersih dan kering. Banyak ahli tindik menyarankan untuk membersihkan tindikan baru dengan larutan air garam (1/4 sendok teh garam dan 1 cangkir air hangat), dua kali sehari setelah mandi. Anda bisa merendam daerah yang baru ditindik selama beberapa menit atau mengompresnya menggunakan kapas bersih. Jangan berlebihan membasuh tindikan karena dapat membuat kulit iritasi dan menunda proses penyembuhan. Jika muncul tanda-tanda alergi atau iritasi, segera pergi ke unit gawat darurat.

Kutu air

Kutu air adalah infeksi jamur menular pada kulit kaki dan dapat menyebar ke kuku kaki dan terkadang tangan. Selain ditangani dengan obat resep dari dokter, infeksi jamur kaki ini juga bisa dirawat dengan obat rumahan. Caranya, rendam kaki Anda dalam larutan air garam atau cuka encer guna membantu mengeringkan lecet. Ingat, obat dari dokter jangan lupa digunakan yah.

Menghilangkan kotoran telinga

Kotoran telinga yang menumpuk dapat menyebabkan kerusakan gendang dan saluran telinga, bahkan hingga memengaruhi pendengaran. Jika penumpukan kotoran telinga menimbulkan masalah, dokter bisa membersihkannya dengan menyemprotkan air atau larutan garam ke telinga dengan lembut dan menggunakan alat khusus. Aliran air atau larutan garam yang disemprot dengan alat dan cara khusus ini akan mendorong kotoran telinga keluar. Hasilnya, telinga pun akan bersih dari kotoran.

Sebelum mempraktikkan manfaat air garam di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena tiap pengobatan akan memberikan reaksi yang berbeda pada setiap orang.