Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Tips Meningkatkan Asupan Serat Dalam Diet

Kita semua telah mendengar bahwa menambah asupan serat bisa membantu menurunkan berat badan sebab makanan berserat akan memberikan rasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan serta ngemil. Selain itu diet yang kaya serat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, serta mencegah konstipasi dan permasalahan pencernaan yang lain. Kelebihan-kelebihan serat tidak hanya terbatas pada upaya menurunkan berat badan saja, tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Oleh karena itu, memasukkan asupan serat sebagai bagian dari diet anda amatlah penting.

Tetapi pertanyaannya, bagaimana cara menambah asupan serat tersebut? Berikut adalah beberapa tips untuk menambah asupan serat di dalam diet anda:


1. Makan banyak-banyak sayuran dan buah-buahan yang mentah dan segar. Makanlah kulit buah-buahan seperti apel dan pir. Keduanya kaya serat makanan. Pastikan untuk memakan beberapa porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Buah yang kaya serat diantaranya adalah apel, pir, beri, dan prune. Sedangkan sayuran yang kaya serat adalah slada, wortel, tauge, dll.

2. Daripada mengkonsumsi jus buah-buahan, makanlah buah ssecara utuh. Anda akan mendapatkan asupan vitamin sekaligus serat. Lagi pula, jus buah-buahan terlalu banyak mengandung kalori daripada buah utuh. Sebagai contoh, jus jeruk memiliki kalori yang tinggi sedangkan buah jeruk utuh yang di makan akan lebih memberikan rasa puas namun dengan kandungan kalori yang rendah, plus anda akan mendapatkan asupan serat dalam jumlah yang tepat.

3. Sertakan makanan yang berasal daro biji-bijian seperti gandum dan padi. Salah satu contoh makanan berbahan demikian adalah sereal dan cookie.

4. Jika nasi adalah bagian penting dari santapan makan anda, perbanyak konsumsi beras merah daripada putih. Beras merah tidak hanya kaya serat, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral.

5. Kacang-kacangan adalah sumber serat makanan yang baik, maka pastikan untuk memasukkannya ke dalam menu diet anda.

6. Manfaatkan bahan-bahan makanan yang kaya serat untuk bereksperimen dalam memasak. Anda bisa menambahkan atau mencampurkan beberapa bahan makanan yang kaya serat ke dalam masakan anda. Sebagai contoh anda dapat menambahkan biji wijen ke dalam hidangan ayam atau roti panggang.