Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Semakin tua, tulang dalam tubuh kita akan semakin merapuh. Tak hanya mengalami pengeroposan, terkadang struktur tulang pun ikut berubah. Itu sebabnya, terkadang banyak orang yang memiliki tubuh yang bungkuk di masa tua.
Tulang adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh. Tulang berfungsi untuk menyangga semua organ tubuh kita serta melindungi organ tubuh yang rapuh. Karena itu, menjaga kesehatan tulang dan kekuatannya sejak dini adalah hal penting yang harus dilakukan. Menjaga kesehatan tulang tak hanya dengan olahraga, tetapi juga bisa dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

1. Sayuran hijau

Selain mengandung banyak nutrisi seperti beta karoten, sayuran hijau semacam kale dan bayam juga mengandung banyak vitamin K. Vitamin K sangat penting dan memiliki banyak fungsi bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk kesehatan tulang. Vitamin K sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Sebuah penelitian terbaru mengindikasikan bahwa vitamin K bisa membantu mencegah pengeroposan tulang.

Jika Anda ingin melindungi tulang dengan vitamin K, yang perlu diperhatikan adalah bahwa sebaiknya mendapatkan asupan vitamin K melalui sayuran hijau atau makanan lainnya. Peneliti menunjukkan bahwa vitamin K dalam bentuk suplemen memiliki risiko untuk menyebabkan keracunan. Untuk amannya, sebaiknya konsumsi makanan alami yang mengandung vitamin K. Jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin K, konsultasikan dengan dokter ahli agar tidak salah penggunaannya.

2. Almond

Kacang almond mengandung banyak magnesium. Hanya satu ons kacang almond saja sudah bisa memenuhi 20 persen kebutuhan magnesium Anda sehari-hari. Mineral magnesium memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat.

Bagi wanita, sebaiknya mengonsumsi 320 mg magnesium sehari, sementara pria perlu 400 hingga 420 mg per hari. Jumlah tersebut bisa dengan mudah didapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti biji-bijian, kacang tanah, kacang almond, gandum utuh, dan lainnya. Tak hanya bisa dikonsumsi dengan makanan lain, almond juga bisa dijadikan cemilan yang enak, namun juga menyehatkan untuk tulang Anda.

3. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis makanan yang kaya vitamin D. Vitamin D memiliki peran penting untuk melindungi dan membangun tulang Anda. Vitamin D membantu penyerapan kalsium, sehingga tanpa vitamin D, kalsium tak akan bisa diserap secara optimal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki tingkat vitamin D rendah memiliki massa tulang yang rendah pula.

Orang yang kekurangan vitamin D juga berkemungkinan lebih besar untuk mengalami pengeroposan dan patah tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari. Namun Anda juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi makanan seperti salmon. Selain mengandung vitamin D, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung dan otak.

4. Yogurt

Yoghurt tak hanya mengandung bakteri baik yang akan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Namun yoghurt juga mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang Anda. Kalsium akan membantu membangun tulang yang lebih kuat dan tebal, serta menjaga perkembangan tulang ketika dewasa. Mineral ini sangat penting bagi tubuh kita.

Yoghurt adalah salah satu sumber kalsium yang baik. Kebanyakan yoghurt bisa memenuhi 40 persen kebutuhan kalsium harian Anda. Selain itu, yoghurt memiliki rasa yang enak dan bisa digunakan dalam berbagai macam makanan seperti dicampur dengan sereal, atau dinikmati langsung.