Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Pernahkah Anda lupa menaruh kunci mobil? Ataukah lupa mengingat password e-mail? Sebaiknya Anda patut waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda-tanda penurunan daya ingat di usia dini.

Namun jangan khawatir, ada satu cara mudah untuk mencegahnya, yaitu cukup dengan memejamkan mata. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey Inggris yang mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.

Dalam percobaan tersebut mereka diperlihatkan suatu film pendek yang hanya diisi oleh adegan-adegan tanpa suara. Setelah itu, mereka kembali disajikan sebuah film yang dilengkapi dengan suara.

Kemudian para ahli melontarkan berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan film-film yang baru saja mereka lihat. Hasilnya, sebanyak 71% relawan menjawab pertanyaan secara tepat dengan mata terpejam. Sedangkan 48% relawan yang menjawab dengan mata terbuka justru memberikan jawaban yang kurang tepat.

Metode memejamkan mata untuk mengingat kembali suatu kejadian ini dipercaya sebagai salah satu teknik yang memungkinkan pelakunya untuk membangun bayangan yang lebih detail dalam pikirannya. Salah satu penelitinya, Robert Nash mengatakan orang-orang yang memejamkan mata saat berusaha mengingat sesuatu juga bisa mendapat manfaat lainnya, yaitu terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.

Penelitian ini bahkan telah ditulis kedalam jurnal hukum dan psikologi kriminal di Inggris. Salah satu tulisannya menyatakan bahwa para polisi telah lama menyadari manfaat metode memejamkan mata ini karena mereka bisa mengumpulkan lebih banyak informasi dari saksi mata yang memberikan keterangan dengan mata terpejam selama wawancara berlangsung.

Robert juga percaya bahwa metode sederhana ini juga bermanfaat dalam situasi sehari-hari, misalnya mengingat kembali nomor PIN dan mengingat daftar belanjaan yang harus dibeli. Tak hanya itu saja, penelitian lain juga menunjukkan bahwa menutup mata dapat meningkatkan pelakunya untuk mengingat kembali tanggal persis suatu peristiwa yang dialaminya meskipun telah terjadi bertahun-tahun lamanya.