Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
artikel

Diet kini banyak dilakukan orang untuk tetap menjaga berat badan agar tetap ideal dan tetap terlihat menarik.

Kecenderungan Mendengarkan Mitos

Di kalangan masyarakat, ada kecenderungan bahwa sebagian orang akan lebih mendengarkan mitos dari pada menelusuri fakta yang benar mengenai diet. Berikut ini adalah 10 mitos dan fakta seputar diet yang patut untuk Anda ketahui.

Fakta dan Mitos Diet

1.  Mitosnya, makan makanan yang tidak berlemak berarti Anda mengonsumsi makanan yang bebas kalori. Faktanya, hampir semua jenis makanan akan mengandung kalori. Namun, jumlah kalori yang dikandung akan berbeda-beda. Bahkan, beberapa jenis makanan yang tidak berlemak cenderung memiliki jumlah kalori yang jauh lebih banyak dari pada makanan berlemak.

2.  Mitosnya, semua jenis lemak adalah lemak jahat. Faktanya, tidak semua lemak itu termasuk lemak jahat. Ada beberapa jenis lemak yang justru dibutuhkan oleh tubuh. Lemak baik terkandung dalam kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun. Lemak jahat terkandung dalam daging, susu, telur, minyak kelapa, dan minyak sawit.

3.  Mitosnya, salad merupakan makanan yang tidak menggemukkan. Faktanya, semuanya tergantung pada bahan-bahan yang ada dalam salad. Jika salad mengandung banyak lemak, seperti mayones, saus, dan daging, maka salad ini sama saja dapat membuat gemuk.

4.  Mitosnya, tidak makan siang dapat membuat Anda kurus. Faktanya, orang yang tidak makan siang akan memiliki nafsu makan malam yang lebih besar. Tidak menutup kemungkinan juga ia akan makan lebih banyak saat makan malam yang justru akan membuat gemuk.

5.  Mitosnya, kafein tidak baik untuk dikonsumsi. Faktanya, kafein juga memiliki peran dalam rencana makanan sehat dan memiliki khasiat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam junlah yang cukup.

6.  Mitosnya, madu lebih baik dari pada gula. Faktanya, kedua jenis pemanis ini sama-sama mengandung glukosa dan fruktosa. Bahkan kandungan kalori dalam madu jauh lebih banyak dari pada gula biasa.

7.  Mitosnya, karbohidrat membuat gemuk. Faktanya, karbohidrat akan tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga stamina dan mampu mebantu kesehatan tubuh untuk jangka panjang. Jika dikonsumsi secara cukup, karbohidrat tidak akan menimbulkan kegemukan. Makan lebih banyak karbohidrat lebih baik dari pada makan lebih banyak lemak.

8.  Mitosnya, telur berwarna cokelat lebih baik dari pada telur berwarna putih. Faktanya, kedua jenis telur ini memiliki kandungan protein, nutrisi, vitamin, dan mineral yang sama.

9.  Mitosnya, olahraga tidak perlu bagi yang sedang diet. Faktanya, apa pun yang Anda lakukan, berolahraga tetap akan dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap fit dan bugar. Dengan berolah raga, Anda bisa membentuk otot dan memiliki tubuh yang proporsional.

10.  Mitosnya, makan malam akan menambah berat badan. Faktanya, tubuh manusia akan membutuhkan asupan makanan setiap 6 jam. Hanya saja, porsi untuk makan malam sebaiknya dikurangi jika tidak ingin gemuk.