Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Setelah mengeluarkan banyak tenaga dan keringat, kamu pasti akan merasa lapar. Makan setelah olahraga memang dianjurkan, tetapi ada beberapa aturan yang harus kamu tahu untuk memilih makanan yang tepat setelah berolahraga. Untuk memudahkan kamu,lihat 5 tips ini, yuk!

1. Makan 30 sampai 60 menit setelah olahraga

Setelah mengajak tubuh melakukan gerakan yang menguras keringat, cobalah untuk memulihkan kembali energi tubuh, dengan makan tentunya. Gerakan tubuh saat olahraga memberikan banyak tekanan pada otot, sendi dan tulang kamu. Dalam proses itu, tubuh bergerak dengan menggunakan nutrisi yang ada dalam tubuh.

Karena itu, makan setelah latihan menjadi sesuatu yang penting untuk mengembalikan nutrisi kamu yang hilang. Makan 30 sampai 60 menit setelah olahraga adalah saat yang tepat bagi tubuh untuk menyerap nutrisi tersebut.

2. Pilih makanan berprotein

Setelah menentukan waktu yang tepat untuk makan setelah olahraga, penting juga untuk memerhatikan jenis makanannya. Makanan pemulihan tenaga yang ideal adalah makanan yang mengandung protein dan lemak baik. Kandungan makanan ini sangat baik untuk pemulihan otot dan sendi. Kandungan tersebut dapat kamu peroleh dari ubi jalar dan kacang. Makanan ini berguna untuk mengganti nutrisi sekaligus menyediakan lagi energi untuk bahan bakar metabolisme.

3. Menjaga makanan

Selain memerhatikan kandungan makanan, pastikan untuk memerhatikan proses pembuatannya. Walaupun tubuh kamu sudah ramping dan berotot, penting untuk menjaga kualitas makanan kamu. Sebaiknya hindari makanan olahan seperti makanan kemasan, makanan cepat saji, dan lainnya. Sebaiknya, kamu tetap mempertahankan menu makanan diet. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kerja keras yang kamu lakukan (olahraga).

4. Bertahan dari godaan makanan

Jika berat badan adalah tujuan kamu melakukan olahraga, berhati-hatilah pada godaan makanan yang akan terlihat sangat lezat setelah kamu olahraga. Akan sangat mudah mengembalikan semua lemak yang kamu bakar saat olahraga, hanya dengan segelas jus nanas. Segelas jus nanas bisa mengandung 444 kalori. Mempertahankan pola makan satu jam setelah olahraga, akan memudahkan kamu untuk menahan diri dari godaan makanan.

5. Mengatasi dehidrasi

Keringat mengucur deras saat olahraga akan memicu rasa haus. Kamu mungkin lebih tergoda untuk memilih minuman olahraga (minuman elektrolit) daripada minum air putih. Penting untuk kamu tahu, minuman semacam itu belum bisa memuaskan rasa haus kamu. Minuman tersebut memang mengandung elektrolit yang berfungsi untuk menggantikan natrium, dan potasium yang hilangh dalam tubuh.

Untuk mengatasi ini, kamu bisa menggunakan aturan minum praktis ini. Pertama, minum dua gelas air 2 jam sebelum olahraga, dan dua gelas lagi 15 menit sebelum olahraga. Setelah itu, minum air setengah gelas lagi 15 setelah memulai olahraga.