Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Tanpa disadari hal-hal kecil yang kita lakukan bisa menguras energi fisik dan mental kita. Hal ini bisa menyebabkan kita merasa kelelahan sepanjang hari tanpa menyadari alasan pasti yang jadi penyebabnya. Beberapa ahli mengungkap tujuh hal ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan dan tanpa disadari menjadi penyebab rasa lelah terus-menerus yang kita rasakan.

1. Kurang minum air

Seorang ahli diet untuk Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson mengatakan bahwa 2% dehidrasi saja mampu mengurangi energi. Dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah dan membuatnya menjadi lebih tebal. Hal ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa dan mengurangi kecepatan oksigen dan nutrisi untuk sampai di otot dan organ. Inilah alasan mengapa dehidrasi menjadi salah satu penyebab kelelahan panjang yang kita alami.

2. Kurang zat besi

Kekurangan zat besi dapat memicu kita untuk merasa lesu, mudah marah, lemah, dan susah konsentrasi. Kekurangan zat besi mengakibatkan kurangnya jumlah oksigen yang menuju otot dan sel. Kekurangan zat besi dapat memicu serangan anemia. Untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, kamu bisa mendapatkannya dari daging sapi(tanpa lemak), kacang merah, tahu, telur, sayuran berdaun hijau tua, dan kacang-kacangan. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, kamu dapat mengonsumsinya secara bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin C.

3. Perfeksionis

Berjuang untuk menjadi sempurna akan membutuhkan perjuangan panjang yang disertai dengan kerja keras. Saat seseorang perfeksionis menetapkan tujuan yang terlihat begitu realistis, tetapi ternyata sulit untuk dicapai akan membuat mereka berakhir dnegan rasa tidak puas diri. Hal ini bisa diatasi dengan menetapkan batas waktu untuk diri sendiri dan pekerjaan, serta harus menaatinya.

4. Melewatkan sarapan

Makanan yang kita makan akan menjadi bahan bakar sistem kerja tubuh kita. Bahkan saat kita tertidur tubuh tetap bekerja memompa darah dan mengalirkan oksigen. Jadi, saat terbangun esok harinya, tubuh tetap membutuhkan asupan bahan bakar agar organ tubuh bekerja dengan baik. Itulah alasan mengapa sarapan menjadi penting dan melewatkannya dapat membuat tubuh menjadi lesu.

5. Makanan cepat saji

Makanan yang sarat dengan gula dan karbohidrat (seperti makanan kemasan dan makanan cepat saji) sangat berperan dalam peningkatan gula darah. Lonjakan gula darah yang tinggi yang disertai dengan penggunaannya yang drastis akan menyebabkan tubuh merasa kelelahan sepanjang hari. Untuk mengatasinya, sebaiknya kita menjaga kestabilan gula darah dengan memasukkan protein bersama gandum dalam menu makanan kita.

Selain kelima hal tersebut, dalam dunia kebersihan meja yang berantakan juga dapat jadi pemicu rasa lelah berkepanjangan dalam diri kita. Meja yang berantakan membuat kemampuan konsentrasi kita menurun serta membatasi kemampuan otak. Nah, untuk menghindari itu, merapikan meja kerja maupun meja belajar akan meringankan kerja otak dan mengucapkan selamat tinggal pada kelelahan.