Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Bekerja dengan duduk seharian di depan komputer bisa berdampak negatif bagi kesehatan maupun postur tubuh. Sakit punggung, sakit leher, juga gangguan penglihatan kerap dialami pekerja yang setiap harinya menghabiskan waktu lama dalam posisi duduk.

Disebutkan dalam laman www.self.com, berbagai gangguan kesehatan itu bisa dicegah dan diatasi, dengan melakukan 5 hal berikut ini.

  • Sesuaikan Tinggi Monitor dengan Posisi Duduk. Sejajarkan layar komputer dengan mata, sebab jika komputer terlalu rendah dari posisi duduk, akan berisiko sakit punggung dan leher. Sementara apabila layar komputer terlalu tinggi dari posisi duduk sehingga kepala harus menengadah, bisa terjadi kekeringan pada mata. Atur tinggi kursi kerja Anda hingga posisi kepala sejajar dengan layar monitor.
  • Cukupi Kebutuhan Cairan. Minum cukup air tak hanya penting untuk memelihara kesehatan, tapi juga akan menghindarkanmu dari gangguan tulang leher dan punggung. Dengan meminum banyak air, tentu kamu perlu lebih sering berjalan ke pantry untuk mengisi ulang gelas. Hal ini lebih baik ketimbang selalu duduk berjam-jam.
  • Kurangi Naik Lift. Jika kantormu berada di lantai yang tidak terlalu tinggi, misalnya hanya terletak di lantai dua atau tiga, manfaatkanlah tangga ketimbang lift. Gunakan tangga untuk naik dari lantai dasar ke kantor, atau sebaliknya. Naik-turun tangga akan membuat tubuh lebih banyak bergerak, dan ikut melatih otot agar tidak terlalu pasif karena seharian duduk di kantor.
  • Lakukan Stretching. Luangkanlah waktu sejenak untuk meregangkan otot-otot agar tubuh lebih segar dan bersemangat hingga jam pulang kantor. Mengetik terus di depan komputer tentu membuat tulang lengan atas dan tulang selangka terasa kaku. Regangkan dengan menggerakkan tangan kanan ke depan menyamping kiri. Tekan di bagian siku menggunakan tangan kiri, tahan 10 detik.
  •  

  • Perbanyak Berkedip. Terlalu lama menatap layar komputer cenderung membuat mata kering, karena secara otomatis, mata akan lebih jarang berkedip. Biasakanlah untuk lebih sering mengedipkan mata ketika bekerja. Lakukan juga aturan 20-20-20 saat menatap layar komputer. Setiap 20 menit, alihkan pandangan mata ke tempat lain dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari posisi duduk, lalu tatap objek itu selama 20 detik.