Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Air kelapa banyak dipromosikan sebagai asupan yang dapat 'menyegarkan' dahagamu. Berbagai produk mengklaim diri memiliki gula alami dan kandungan elektrolit yang akan membuat tubuh terhidrasi lebih baik ketimbang air.

Meskipun komposisi air kelapa ini layaknya 'versi ringan' dari minuman berenergi untuk berolahraga, apakah air kelapa benar-benar melakukan tugas untuk menghidrasi tubuh sebaik itu?

Secara nutrisi, air yang berasal dari dalam kelapa ini, mengandung 45 kalori, 11 gram karbohidrat yang terdiri dari 9 gram gula alami, 70 miligram sodium dan 500 miligram potasium dalam satu cangkirnya. Jika dibandingkan, satu botol air sama sekali tak memiliki kalori, karbohidrat, sodium maupun potasium.

Sementara kandungan nutrisi dari beberapa merek minuman energi untuk berolahraga biasanya cukup beragam. Rata-rata, satu cangkir akan mengandung 55 kalori, 14 gram karbohidrat dalam bentuk pemanis buatan, 105 miligram sodium dan 30 miligram potasium.

Dari kandungan ini, beberapa studi mencoba untuk meneliti dampak dari seseorang meminum air kelapa, terkait terhidrasinya tubuh mereka pasca berolahraga. Hasilnya cukup menarik, di mana tak ada perbedaan signifikan antara air kelapa, minuman berenergi untuk olahraga maupun air mineral biasa.

Di sebuah studi yang dihelat tahun 2012, bahkan menyatakan bahwa air lah yang memberi efek hidrasi paling baik, jika dibandingkan dengan air kelapa asli, air kelapa kemasan yang sudah dikonsentrasi, serta minuman berenergi.

Studi lain menyatakan bahwa tak ada perbedaan signifikan terhadap dampak terhidrasinya tubuh. Namun mengonsumsi air setelah berolahraga, dapat mengurangi resiko mual, di mana perut 'terlalu kenyang' dengan air. AIr juga lebih bisa untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak ketimbang air kelapa maupun minuman berenergi.

Jadi jika disimpulkan dari berbagai penelitian, baik air, air kelapa, maupun minuman berenergi, punya kualitas yang sama dalam menghidrasi tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai. Sehingga, air mineral adalah pilihan paling cermat serta murah untuk mengatasi dehidrasimu.

Namun jika kamu memang sedang rutin berolahraga dengan kondisi panas yang luar biasa, seteguk air kelapa tentu dapat meningkatkan performa ketika berolahraga. Hal ini tentu karena air kelapa mengandung gula, yang merupakan 'bahan bakar bagi otot, serta sodium yang merupakan elektrolit yang penting bagi jalannya proses hidrasi tubuh.