Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Macam-Macam Jenis Jerawat

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang paling sering tumbuh di wajah dan sangat mengganggu hingga mempengaruhi kecantikan wajah seseorang. Jenis-jenis jerawat yang ada di dunia medis sangat banyak yang harus diperhatikan. Kesehatan kulit menjadi hal yang sangat penting. Wajah mulus tanpa jerawat mungkin saja menjadi dambaan sebagian besar orang. Banyak orang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika harus keluar rumah dengan kondisi wajah berjerawat.


Tentang Jerawat

Jerawat sendiri disebabkan karena pori-pori dikulit kita yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya semacam benjolan berwarna merah yang mengandung nanah. Jerawat merupakan penyakit kulit yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat sendiri timbul karena perubahan hormon yang dialami penderitanya dan biasanya muncul saat penderitanya sedang mengalami menstruasi, dalam proses kehamilan, serta mengalami stress yang berlebih.

Banyak yang menyangka bahwa jerawat hanya ada satu jenis. Namun ternyata jerawat memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu:

Jerawat biasa

 

 

Hampir sebagian besar orang pernah menderita jerawat ini. Jerawat ini mudah dikenali karena bentuknya yang kecil dan berwana putih kemerahan. Jerawat ini timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi baktmeri propionibacterium acne. Bakteri tersebut hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous.Yang perlu diwaspadai dari bakteri ini yaitu karena bisa menimbulkan iritasi pada bagian wajah disekitarnya.

Cara Mengatasi

Jika anda ingin menangani masalah jerawat dalam jangka waktu singkat karena akan menghadiri sebuah acara penting, anda dapat menyiasatinya dengan mengoleskan pasta gigi pada jerawat yang muncul pada wajah anda menjelang tidur. Pasta gigi mengandung fluroide yang berkhasiat untuk mengurangi bengkak dan kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat. selain itu anda juga dapat menggunakan tomat maupun lemon sebagai masker untuk menghilangkan jerawat serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Jerawat Batu

Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut juga Cystic Acne disebebkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

Saran Pengobatan

Oleh karena itu, jika anda menderita jerawat batu yang bersarang pada wajah anda, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk kemudian menentukan pengobatan pada langkah selanjutnya.

Komedo

Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit matti dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Cara Pengobatan

Untuk menghilangkan jerawat jenis komedo ini, anda dapat menghilangkannya dengan putih telur. Caranya yaitu dengan mencelupkan kapas pada putih telur lalu tempelkan pada wajah anda yang berjerawat komedo. Tunggu sampai putih telur tersebut mengering, lalu angkat kapas tersebut. Anda akan melihat banyak komedo tercabut pada kapas tersebut.

Selain jenis jerawat yang telah disebutkan diatas, ada beberapa jenis jerawat lagi yang banyak dialami oleh penderitanya, yaitu:

Jerawat Juvenil

Jerawat ini timbul pada masa pubertas umur 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum.

Cara Mengatasi :

Untuk mengatasi jerawat ini anda bisa menggunakan sabun wajah yang memiliki PH seimbang atau sabun bayi transculent.

Jerawat tipe juvenil merupakan perkembangan dari hormon jadi mungkin harus di atasi dengan cara yang alami, jangan menggunakan cara berbahaya.

Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

Cara Mengatasi

Pengobatan yang tepat untuk jerawat jenis ini yaitu dengan cara menghilangkan bakteri, mengendalikan minyak berlebih pada wajah, serta dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Jerawat ini biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu tanpa ada intervensi apapun. Tapi jika jerawat ini sudah semakin parah, dapat menimbulkan kerusakan dan harus mendapatkan pegobatan dari dokter spesialis kulit. Jerawat ini tidaklah menular serta dapat disembuhkan.

Jerawat Rosacea

 

Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya, jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

Saran Pengobatan

Jerawat ini membutuhkan perawatan dari dokter kulit, biasanya berupa penguapan , kompres air panas atau dengan penyinaran menggunakan sinar infra merah untuk pengeringan jerawat.

Jerawat Nitrosica

Jerawat jenis ini harus diwaspadai karena yang jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah.

Saran Pengobatan

Pengobatn pada jerawat ini harus dengan bantuan dokter kulit. Teknologi kecantikan seperti mikrodermabrasi, teknologi laser, dan perawatan kecantikan lainnya dapat membantu untuk menghilangkan jenis jerawat ini.

Ada banyak jenis jerawat lainnya yang sering ditemukan diberbagai muka baik pria ataupun wanita, bahkan ada jerawat di punggung yang sering menjadi masalah. Semoga bermanfaat...