Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Manfaat Bengkoang Untuk Wajah Berjerawat dan Kesehatan

 

    Siapa sih yang suka wajahnya penuh dengan jerawat? Rasa – rasanya baik perempuan atau pun laki – laki tak akan ada yang mau mengalaminya. Sebab, wajah yang berjerawat bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Meski jerawat memang menimbulkan masalah yang sepertinya tak ada habisnya, sesungguhnya hal tersebut bukanlah alasan untuk kita tak bisa mengatasinya.
Salah satunya dengan memanfaatkan bengkoang sebagai bahan alami untuk mengatasi wajah berjerawat secara alami. Simak ragam manfaat yang bisa didapat dari bengkoang berikut ini :

Manfaat Bengkoang

Bengkoang merupakan sebuah tanaman umbi – umbian yang sesungguhnya bukan tanaman asli Indonesia. Sebab tumbuhan yang kaya manfaat ini aslinya berasal dari Amerika tropis. Dan di tempat asalnya, bengkoang lebih dikenal sebutan jícama atau xicama. Di Jawa sendiri, banyak orang mengenalnya sebagai besus.

 

Terlepas dari banyaknya nama yang disematkan untuk bengkoang, ada satu hal yang pasti yakni manfaatnya yang tak bisa lepas dari kecantikan. Meskipun, juga bisa digunakan sebagai bahan makanan. Manfaat untuk kecantikam yang didapat dari bengkoang pun juga sudah turun temurun dilakukan dan dipraktekan oleh nenek moyang sejak jaman dulu. Sehingga bengkoang begitu familiar di dunia kecantikan di tanah air.

Berikut manfaat bengkoang untuk kesehatan kulit.

1. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam umbi bengkoang yang masih segar, sangat baik untuk membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusk kesehatan dn kecantikan kulit wajah. Selain itu manfaat Vitamin C untuk bekas jerawat juga dirasa sangat penting dalam membantu proses penyembuhannya. Karena itulah banyak produk perawatan wajah yang mengandalkan bengkoang sebagai bahan utamanya.

2. Mencerahkan Wajah

Bengkoang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk mempercantik wajah dan menyingkirkan jerawat. Seperti kandungan vitamin B1, pachyrhizon, dan vitamin C didalamnya yang memiliki peranan penting untuk membuat kulit wajah kita terlihat putih dan cerah dari sebelumnya. Karena bahan alami, tak perlu khawatir efek sampingnya jika digunakan setiap hari karena lebih aman dibanding obat atau bahan sintetis lainnya.

 

3. Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat yang membandel kadang membuat kita jengkel karena wajah menjadi kurang sempurna. Manfaat bengkoang untuk wajah jerawat sering dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengolehkan parutan bengkoang diwajah untuk masker. Antioksidan yang terkandung dalam bengkoang membantu meregenerasi sel kulit mati. Sehingga membantu memudarkan bekas jerawat, dan untuk hasil yang maksimal ulangi penggunaannya secara rutin.

4. Mengencangkan Kulit Wajah

Tak hanya bisa menyingkirkan jerawat dari wajah, manfaat bengkoang untuk kulit wajah bahkan jauh lebih dari itu. Dengan memanfaatkan bengkoang sebagai masker wajah setiap hari, maka kulit wajah bisa menjadi lebih kencang dan terlihat lebih muda.

5. Melembabkan Kulit Wajah

Karena sebagian besar kandungan bengkoang merupakan air, sehingga membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik dan mencegah kulit kering dan keriput. Tak memgherankan bila bengkoang sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan kosmetik terutama untuk pelembab wajah.

 

Manfaat Bengkoang Untuk kesehatan

Tak hanya untuk bagian luar tubuh saja bengkoang juga bisa memiliki manfaat yang luar biasa untuk membantu kesehatan tubuh dari dalam. Berikut beberapa diantaranya.

1. Baik untuk penderita diabetes

Bila biasanya penderita diabetes dianjurkan untuk mengurangi konsumsi buah karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darahnya. Namun lain halnya jika berkaitan dengan bengkoang. Ini karena bemgkoang memiliki kandungan serat yang justru baik, dan mampu membantu menurunkan kadar gula darah.

Mengapa? Sebab bengkoang diserap secara perlahan oleh tubuh dan tidak semuanya diubah menjadi glukosa. Sehingga, hal ini bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes mellitus tetap dalan kondisi yang normal. Untuk membuat bengkoang lebih maksimal membantu menjaga kadar gula darah tetap normal, bisa dibuat jus atau juga bisa diparut dan diminum airnya.

2. Sebagai Phytoesterogen Alami

Bagi wanita, fitoestrogen sangat penting peranannya untuk menjaga tubuh yang mulai menua. Karena disaat seorang wanita memasuki masa menopause, jumlah estrogen dalam tubuh cenderung menurun tajam yang bisa membuat fisik menjadi lebih rapuh.

 

Bengkoang menjadi salah satu makanan yang mengandung fitoestrogen yang tinghi, sehingga sangat bagus dikonsumsi bagi mereka yang telah berusia lanjut. Esterogen memiliki peranan penting untuk menjaga keseimbangan tubuh bagi wanita, karenanya penting menjaganya agar saat menopause tiba tubuh tidak terlalu mengalami kemunduran berlebihan.

3. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kandungan air dan serat yang tinggi dalam bengkoang disebut – sebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Karenanya bengkoang sering digunakan sebagai alternatif pilihan menyingkirkan kokesterol darah. Selain kandungan serat dan air yang tinggi, vitamin C dalam bengkoang yang berperan sebagai antioksidan pun turut membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga bengkoang sangat aman dikonsumsi penderita kolesterol.

4. Membantu Mengurangi Asam Lambung

Bagi anda yang sering merasa tidak nyaman karena asam lambung yang sering naik, tak ada salahnya mengkonsumsi bengkoang untuk membantu menurunkan asam lambung. Ini karena bengkoang memiliki sifat mendinginkan dan sifat alkali sehingga sangat baik untuk membantu mempercepat penyerapan asam lambung yang berlebih. Untuk itu, konsumsi bengkoang tanpa tambahan apapun untuk lebih memaksimalkan kinerjanya.

5. Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh

Tak hanya bagus untuk menjaga kecantikan, ternyata bengkoang juga bisa menjadi salah satu jenis makanan yang berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan vitamin C dan juga fitonutrien yang ditemukan dalam bengkoang dapat membuat sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Sehingga bisa membuat tubuh terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya