Login or Register Skin - Body - Anti Aging - Hair - Spa
SERVICE
 

 

TESTIMONIALS
 
From : Cindy
Saya seorang mahasiswi, usia 20 tahun Bulu ketiak saya tebal dan ...
» Selanjutnya
 
From : Novita
Saya seorang karyawati,usia 26 tahun. Sejak 3 tahun yang lalu saya ...
» Selanjutnya
 
From : Merry
Saya seorang ibu RT, dulu saya mengalami kegemukan (BB: 65kg) ...
» Selanjutnya
 
 
 
Artikel

Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Menyebar Cepat

    Masalah yang umum terjadi pada kulit adalah jerawat. Jerawat merupakan benjolan berwarna merah yang muncul di permukaan kulit. Jerawat jika diraba akan terasa sakit. Sakit yang timbul saat memegang jerawat di sebabkan karena peradangan yang sedang terjadi. Jerawat yang meradang memang menampilkan warna yang merah merona pada kulit. Di sisi itu untuk menghindari kerusakan jaringan kulit ada baiknya saat meradang jerawat cukup dioleskan cream khusus jerawat agar segera mengempis.


Untuk jenisnya sendiri jerawat juga terdiri dari beberapa jenis yaitu :
  • Jerawat pasir adalah jerawat yang berukuran keci lnamun tumbuh dalam jumlah yang banyak, disebut jerawat pasir karena saat diraba jerawat akan lansung terasa banyak jumlahnya. (Baca juga : Cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat)
  • Jerawat biasa yaitu jerawat berukuran menengah dan berwarna merah.
  • Jerawat batu yaitu jerawat yang berukuran besar kadang bernanah dan jumlah yang muncul di wajah banyak. Untuk penyembuhan jerawat batu memerlukan bantuan dari dokter kulit agar dapat segera dilakukan penyembuhan.

Jenis jerawat yang muncul di wajah kadang juga dipengaruhi oleh faktor genetik dimana riwayat keluarga juga ikut andil dalam munculnya jerawat di wajah.

    Jaringan kulit yang ditumbuhi oleh jerawat bisa saja mengalami kerusakan seperti bopeng pada kulit. Bopeng ditandai dengan adanya lubang pada kulit baik dalam maupun sedang. Bopeng pada kulit yang berjerawat terjadi akibat jerawat yang dipencet oleh tangan. Akibatnya meninggalkan bopeng pada kulit. Bopeng pada kulit wajah sama sekali tidak bisa disembuhkan karena bersifat permanen. Jadi bopeng pada wajah hanya bisa disamarkan dengan menggunakan bantuan make up.

     Kehadiran jerawat ini meskipun hanya satu kadang dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi sebagian orang terutama wanita. Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan bebas dari jerawat. Namun berbagai faktor dapat membuat harapan tersebut sirna. Jika jerawat sudah muncul di wajah maka langkah yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana cara mencegah jerawat agar tidak menyebar. Takutnya jerawat yang ada menjadi lebih banyak daripada sebelumnya. Nah berikut ini ulasannya untuk Anda :

1. Membersihkan wajah

    Membersihkan wajah diperlukan untuk membuang debu dan minyak yang menemple pada wajah. Membersihkan wajah dianjurkan sebanyak dua kali dalam sehari yakni waktu pagi hari dan sore hari. Pembersihan wajah yang benar tidak hanya mencegah penyebaran jerawat namun juga mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Adapun baiknya sesaat sebelum membersihkan wajah, wajah diberi uap terlebih dahulu untuk membuka pori-pori wajah. Baru setelah itu wajah dibersihkan dengan perlahan-lahan dari bawah keatas dan bilas dengan air. Terakhir bilas dengan air dingin yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah.

2. Makanan yang sehat

    Makanan memberikan cerminan pada kulit. Sebagaimana tubuh memerlukan makanan untuk energi kulit juga membutuhkan makanan untuk nutrisi. Jika selama ini Anda hanya berfikir bahwa menutrisi kulit harus dari luar namun ternyata kulit juga butuh asupan dari dalam. Makanan yang sehat memberikan nutrisi yang cukup untuk kulit beregenerasi. Sehingga kulit yang beregenerasi dengan sempurna dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan tampak kenyal. Contoh makanan yang sehat untuk kulit adalah makanan yang kaya akan protein, vitamin dan mineral. Untuk vitamin sendiri Anda bisa dapatkan dari buah-buahan dan ssayur-sayuran. Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerutan dini pada kulit. Nah sering mengonsumsi sayur dan buah membantu untuk mencegah penyebaran jerawat pada kulit wajah.

3. Olahraga

    Salah satu cara untuk mencegah penyebaran jerawat secara alami adalah dengan olahraga yang teratur. Olahraga merupakan aktifitas fisik yang bertujuan untuk melancarkan peredaran darah didalam tubuh. Imbasnya peredaran darah yang lancar akan membantu untuk mencerahkan kulit dari dalam dan mencegah penuaan dini pada kulit. Beberapa gerakan olahraga juga membantu untuk mengencangkan kulit wajah. Anda bisa memilih berbagai jenis olahraga yang dirasa cocook untuk Anda. Salah satunya adalah yoga, yoga merupakan olahraga yang banyak membantu untuk perbaikan sistem tubuh, awet muda dan mengencangkan kulit. Selain murah olahraga yoga ini juga tidak memerlukan ruangan yang cukup besar. Gerakan-gerakan diyoga dapat membantu untuk melenturkan kulit. Jika Anda tertarik Anda bisa mencobanya dirumah.

4. Hindari kosmetik yang tebal

    Bagi wanita kosmetik merupakan perlengkapan yang wajib sebelum bepergian keluar rumah. Kosmetik sebenarnya memiliki fungsi yang sama namun pengaplikasiannya yang berbeda. Dimana setiap orang memiliki tipe jenis  kulit yang berbeda ada yang normal, kering, berminyak dan kombinasi. Syaratnya untuk mencegah penyebaran jerawat adalah mengetahui jenis kulit terlebih dahulu. Jika sudah tahu maka Anda dapat memilih produk komsetik yang cocok untuk jenis kulit. Namun selama jerawat masih ada baiknya tetap hindari untuk menggunakan kosmetik yang tebal. Karena kosmetik yang tebal dapat mengakibatkan pori-pori di wajah tersumbat sehingga dapat menimbulkan jerawat yang baru. Jika masih ingon menggunakan kosmetik pakailah tipis sehingga terkesan alami.

Semoga bermanfaat...